Saya kepingin cerita seputar finansial nih guys!. Kamu pasti tau fintech dong?. Nah, jadi diantara tahun 2017an gitu yang namanya fintech tuh sempat hype banget. Namanya begitu harum karena dianggap sebagai bentuk terobosan baru yang jauh lebih memudahkan orang untuk meminjam dana talang untuk berbagai keperluan dengan proses tanpa ribet dan cepat.

Pinjaman Online Terdaftar OJK

Berbeda dengan bank yang rata-rata menggunakan sistem yang procedural, lama dengan begitu banyak dokumen yang harus dilengkapi, fintech hadir untuk memotong semua prose itu. Ya, cukup dengan e-KTP saja, kini siapa pun orangnya yang memenuhi syarat bisa dapat pinjaman. Jumlahnya pun bervariasi, ada yang mulai dari 2 juta, 4 juta hingga belasan juta rupiah. Hal inilah yang akhirnya membuat pinjaman jenis ini begitu populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang milenial.

Milenial merupakan nasabah yang terbanyak. Alasannya simple, milenial cenderung memiliki gaya hidup yang tinggi, konsumtif dan memiliki masalah dari sisi pengelolaan keuangan. Alhasil, banyak dari mereka yang “jatuh miskin” sebelum gajian tiba. Dan parahnya, saya juga begitu, hehehe. Pliss jangan ditiru. Saat kondisi terdesak seperti ini, barulah sadar jika duit sudah habis tak bersisa. Sementara interval gajian masih seminggu lagi. Waduh, gimana nih?. Cari sana-sini gak dapat akhirnya berujung di pinjol alias pinjaman online. Cukup tertolong sih.

Untuk mengajukan pinjaman di institusi tersebut, tanpa menggunakan jaminan apapun. Memiliki kartu kredit adalah poin tambahan, apalagi sampai jaminan lain yang yang mahal seperti sertifikat tanah atau BPKB mobil, eitss no way!. Pinjaman dana secara tunai ini bisa dengan mudah dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. Sistemnya tidak harus datang ke tempat atau lokasi dimana kantor mereka ada, akan tetapi semuanya bisa langsung di dapatkan dengan sangat mudah hanya dengan pengajuan online.

Akan tetapi semakin maraknya berbagai macam jenis pinjaman tersebut tidak terlepas dari berbagai macam kontroversi seperti cara penagihan sampai dengan bunga yang cukup tinggi. Suku bunga yang tinggi sebenarnya cukup wajar mengingat bisnis mereka juga tergolong high risk atau beresiko kredit macet jika memang tidak pandai memiilah nasabah mana yang disetujui dan yang tidak disetujui.

Penawaran yang diberikan oleh beberapa pinjaman tersebut benar-benar begitu booming lewat online. Dan sebagai salah satu praktisi yang berkecimpung di dunia online, saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana sistem kerja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Jangan langsung terpukau oleh kemudahan yang diberikan serta kepincut oleh sistem pencairannya yang sangat mudah, bahkan hanya dalam waktu hitungan jam saja. Akan tetapi kamu juga harus ekstra hati-hati dalam menentukan yang mana yang terbaik dan kredibel.

Kalau bertanya pengalaman pribadi, saya pernah mengambil pinjaman uang online tanpa jaminan di Maucash. Saya akan memberikan satu alasan mengapa saya menggunakan Maucash dari perspektif yang objektif. Alasan tersebut adalah karena Maucash merupakan unit bisnis dari anak usaha Astra International. Menyandang nama besar, tentu dari sisi kredibilitas tak perlu disangsikan lagi. Astra merupakan salah satu perusahaan tersebar yang memiliki bisnis tersebar di semua sektor, termasuk sektor pembiayaan dan finansial.

Nah, bila kebetulan kamu sedang membutuhkan banyak sekali kebutuhan dan mengharuskan kamu untuk mencari pinjaman dan memutuskan untuk mencari pinjaman dana tunai dan tidak mengambil pinjaman di bank karena dirasa lebih lama dan ada banyak proses yang harus dilewati kamu tetap harus waspada apabila mengambil resiko tersebut. Berikut ini adalah tips memilih pinjaman dana yang langsung tunai supaya kamu bisa mendapatkan yang terbaik:

  • Cari Tahu Informasi Profil Pemberi Pinjaman

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tempat yang memberikan dana pinjaman langsung tunai adalah dengan mengetahui secara mendalam seluk beluk organisasi atau badan yang memberikan pinjaman tersebut. Cari tahu informasi profil kantornya. Apakah sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Karena jika pihak yang memberikan pinjaman sudah mendapat pengawasan dari OJK dirasa akan lebih aman dan tidak akan membuat kamu sulit di belakang.

  • Ketahui Biaya Pinjaman

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu seberapa besar biaya pinjaman atau bunga yang diberikan dari hasil pinjaman kamu tersebut. Apakah bunga yang harus kamu bayarkan saat jatuh tempo terdapat biaya-biaya tambahan lain yang mungkin bisa memberatkan kamu. Atau kamu juga bisa mencari tahu seberapa besar biaya yang harus kamu tanggung saat pertama kali mengajukan pinjaman.

  • Resiko Apabila Menunggak

Ini adalah salah satu syarat yang tidak boleh kamu anggap remeh begitu saja. Banyak sekali pihak yang memberikan denda dan besaran denda tidak manusiawi saat kamu menunggak cicilan tersebut. Kamu juga harus tahu dan paham bagaimana sistem penagihan yang diberlakukan oleh pihak yang memberikan pinjaman. Apakah penagihan dilakukan dengan cara baik-baik atau bahkan sebaliknya yakni dengan memberikan teroro pada kamu serta orang-orang yang ada di dekat kamu dari keluarga sampai dengan teman kamu.

Di atas adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan apabila kamu terpaksa harus mencari pinjaman dana yang langsung tunai supaya bisa mendapatkan layanan yang terbaik. Menjamurnya pihak yang menyediakan layanan pinjaman tunai memang mengharuskan kamu harus jeli dan teliti serta hati-hati. Maucash adalah salah satu dari sekian banyak pihak yang memberikan pinjaman dana tunai terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Proses penagihan sangat enak dan manusiawi serta sudah diawasi oleh OJK.