Manusia memiliki tubuh yang harus diberikan nutrisi yang lengkap. Namun kata lengkap ini sendiri berarti tidak berlebihan atau hanya secukupnya saja. Termasuk untuk konsumsi garam atau dalam sejumlah makanan berbentuk sodium. Pada dasarnya makanan asin memang menggiurkan, hanya saja apabila dalam tubuh terlalu banyak kadar garam juga akan merusak kesehatan. Berikut organ tubuh yang akan rusak jika tubuh kelebihan kadar garam.

Otak

Otak adalah sistem inti syaraf tuhuh, kelebihan garam bisa membuat otot syaraf menjadi tegang atau kaku. Hal ini akan membuat ingatan menjadi lemah dan berisiko terkena demensia. Selain itu yang paling berbahaya juga bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan resiko akan terjadinya stroke.

Jantung

Kadar garam yang berlebihan akan membuat darah menjadi kental, hal ini akan berdampak pada jantung yang fungsinya akan melambat sebagai pemompa darah akibat hal tersebut. Ketika jantung bekerja dengan berat, nyeri dada pun akan muncul dan otot pembuluh darah arteri pecah hingga serangan jantung pun bisa terjadi.

Ginjal

Ginjal berguna untuk menyaring darah dari zat sisa atau cairan tubuh. Pekerjaan ginjal pun akan meningkat jika tubuh banyak mengandung garam dan harus mengeluarkannya dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan membuat fungsi ginjal menjadi lemah dan fatalnya bisa menjadikan gagal ginjal.

Pembuluh Arteri

Kelebihan kadar darah dalam tubuh juga berbahaya bagi pembuluh arteri. Hal ini tak lepas dari darah yang mengental dan membuat arteri menjadi mengalami pengerasan dan tekanan. Jika dalam keadaan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka akan pecah dan mengganggu sistem kerja organ tubuh lainnya.

Oleh karenaya, atur pola makan anda, konsumsi makanan asin sewajarnya. Jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.