Dua wakil Indonesia dalam gelaran All England Open 2020 berhasil melaju ke babak final setelah sukses menundukkan lawan-lawannya. Alhasil saat ini tinggal selangkah lagi, dua wakil tersebut sudah bisa mempersembahkan prestasinya secara tuntas di Arena Birmingham, Inggris pada Sabtu (14/03/2020).

Indonesia memulai langkah positif setelah sejumlah wakilnya sukses menyumbangkan kemenangan dalam pertandingan di babak empat besar All England Open 2020.

Pertandingan pertama antara pasangan Ganda Putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sumauljo, membuka jalan pertama bagi rekan senegaranya untuk mencapai babak final. Tiket melaju ke babak final didapatkan oleh keduanya setelah berhasil menjagal pasangan Lee Yang/Wang Chi-Lin dari Taiwan.

Dalam pertandingan tersebut pasangan yang dikenal dengan julukan Minions tersebut tampil dominan. Meski sempat kecolongan pada awal gim kedua, ganda putra Indonesia pun mampu tampil maksimal dan menuntaskan perlawanan lawan dengan dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-13.

“Kami langsung siap dari awal pada laga tadi. Saya dan Marcus tidak mau lengah dan berhasil menekan terus,” kata Kevin, dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

“Kami tetap optimistis bisa membalikkan keadaan meski mereka sempat unggul terus,” ucap pemain jebolan PB Djarum tersebut.

Pada babak final, Marcus/Kevin sendiri nantinya akan menghadapi perlawanan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang. Marcus/Kevin pun layak waspada pada partai final ini, pasalnya rekor pertemuan kedua pasangan ini dalam lima pertandingan terakhir tak pernah dimenangi oleh Marcus/Kevin.

Lalu, berpindah ke wakil Indonesia lainnya yakni di sektor ganda campuran, Praven Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang akhirnya sukses merasakan babak final pada turnamen Super 1000 pertama mereka.

Praveen/Melati sukses melaju ke babak final setelah sebelumnya menundukkan perlawanan dari tim tuan rumah yakni Marcus Ellis/Lauren Smith. Kejutan yang dipersembahkan pebulutangkis tuan rumah ini sendiri berakhir pada gim ketiga pada pertandingan melawan Praveen/Melati.

Di partai final nantinya Praveen/Melati akan menghadapi pasangan ganda campuran asal Thailand yakni Dechapol Puavanukroh/Sapsiree Taerattanachai  yang telah sukses mengunci kemenangan pada pertandingan sebelumnya.

Praveen/Melati sendiri punya modal bagus, kala menghadapi pasangan Thailand. Pasalnya dalam rekor pertemuan tiga terakhir, sukses dimenangi oleh pasangan Indonesia.

Partai Final All England Open 2020 sendiri akan digelar pada Minggu (15/03/2020).

Tunggal Putra

  • Viktor Axelsen (Denmark/2) vs Lee Zii Jia (Malaysia) 17-21, 21-13, 21-19
  • Chou Tien Chen (Taiwan/1) vs Anders Antonsen (Denmark/5) 17-14, retired

Tunggal Putri

  • Chen Yu Fei (China/1) vs Nozomi Okuhara (Jepang/4) 21-14, 23-21
  • Carolina Marin (Spanyol/8) vs Tai Tzu Ying (Taiwan/2)

Ganda Putra

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia/1) vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan/7) 21-18, 21-13
  • Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang/6) vs Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) 21-16, 21-15

Ganda Putri

  • Due Yue/Li Yin Hui (China/6) vs Lee So-he/Shin Seung-chan (Korea Selatan/4) 21-17, 21-17
  • Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang/3) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang/7) 21-12, 21-12

Ganda Campuran

  • Dechapol Puavanukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/3) vs Seo Seung-jae/Chae Yujung (Korea Selatan/6) 21-18, 17-21, 21-19
  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia/5) vs Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) 21-15, 21-23, 21-11