Sarapan menjadi salah satu hal yang penting dipagi hari, bukan saja untuk orang dewasa dengan segala aktivitas beratnya tetapi justru untuk anak-anak juga penting. Tetapi tahukah bunda jika membuat sarapan untuk si kecil itu tidak bisa sembarangan begitu saja. Yang pasti harus masuk dalam kriteria sarapan sehat  dan tentu bermanfaat untuk buah hati. Terkadang karena kesibukan ibu, sarapan yang disajikan pagi hari sering sesederhana bahkan seadanya. Padahal itu merupakan salah satu sumber energi untuk beragam kegiatan seharian.

Bingung membuat sarapan bagi si kecil? Tenang bunda, berikut ini ada sajian atau ide hidangan yang mungkin bisa Anda buatkan saat dirumah untuk dinikmati anak dan keluarga pada waktu sarapan yaitu:

  • Sereal dengan yogurt

Meskipun makanan ini dapat memberikan sensasi rasa yang asam, akan tetapi sereal yang dicampur dengan yogurt sangat baik di konsumsi anak pada waktu sarapan pagi. Dikarenakan kandungan asam laktat dan bakteri pada yogurt dapat menstabilkan dan mengendalikan flora didalam usus anak-anak.

Selain itu, kedua kandungan tersebut dapat memfasilitasi penyerapan nutrisi, meningkatkan penyerapan lemak, dapat mencegah timbulnya penyakit diare dan konstipasi, dapat menurunkan kadar kolesterol, dan menghilangkan bakteri yang ada dalam tubuh anak. Selain memiliki nutrisi, memakan sereal dan yogurt pada waktu sarapan dapat memberikan rasa yang cukup kenyang bagi anak-anak.

  • Sereal dengan buah-buahan

Salah satu menu sarapan yang lengkap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati adalah dengan sereal yang dicampurkan diberbagai macam jenis buah. Beraneka ragam jenis buah dan yogurt pada sereal dapat menyegarkan perut si kecil, dan sekaligus dapat menjaga kesehatannya. Jenis buah yang dapat dicampurkan ke dalam sereal adalah stroberi, rasberry, kenari, kacang almond.

  • Sereal dengan stroberi

Selain dapat memberikan rasa asam yang sangat segar, manfaat dari buah stroberi ini sangat besar untuk tubuh si buah hati tercinta. Selain mengandung vitamin B6, K, dan E. Stroberi juga mengandung mineral seperti besi, fosfor, magnesium, dan tembaga. Tidak hanya itu saja, stroberi dapat juga dipadukan dengan sereal karena memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat berguna untuk mengatasi sembelit dan dapat mencegah naiknya gula darah setelah sarapan.

  • Pancake apel

Menyantap kue yang sangat lezat dan dipadukan dengan buah yang segar memang menjadi menu yang sangat cocok bagi sang buah hati saat sarapan. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah apel ini dapat membantu melawan kolesterol yang tinggi, menghilangkan toksin pada ginjal, melawan sembelit dan diare serta mengurangi kadar gula. Selain bergizi dan sangat lezat, tekstur pada makanan seperti ini sangat cocok untuk dinikmati anak-anak pada waktu sarapan pagi.

  • Roti bakar

Roti bakar menjadi salah satu pilihan bagi si kecil untuk sarapan, tetapi terkadang anak merasa bosan jika dihidangkan dengan model begitu saja tanpa ada varian. Misalnya saja dengan menambahkan buah seperti strawberry, pisang, anggur, ataupun yang lainnya. Nah, ini bisa menjadi salah satu ide menu untuk sarapan bergizi bagi si kecil.

Dari beberapa menu sarapan sehat tersebut, masih ada banyak lagi pilihan lain yang bisa bunda dirumah manfaatkan sebagai sajian sarapan. Yang jelas membuat sarapan itu bukan sekedar apa adanya tetapi lebih kepada memperhatikan seperti kandungan gizi, serat, vitamin sampai dengan manfaat baik untuk pertumbuhan si kecil. Bila semua sajian sarapan yang disediakan sudah menyehatkan pasti akan mempengaruhi kesehatan dan juga tumbuh kembang si kecil.