Maag atau yang sering disebut dengan peningkatan asam lambung merupakan sebuah penyakit yang umum terjadi untuk siapapun orangnya. Anak-anak, dewasa bahkan orang tua sekalipun. Gejala yang menjadi tanda dari asam lambung ini antara lain adalah panas yang terasa di dada, mual, perih hingga perut yang serasa seperti ditusuk-tusuk. Tidak hanya itu, keringat dingin pun bisa jadi akan dirasakan bagi penderita peningkatan asam lambung tersebut.

Naiknya asam lambung ini sendiri didasari pada gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Selain itu, konsumsi jenis makanan tertentu juga bisa menjadi pemicu munculnya asam lambung. Sebut saja misalnya ketan, coklat, serta jenis makanan yang dibuat dari santan. Selain pemicu, ternyata sejumlah makanan bisa jadi adalah hal yang mampu mengatasi naiknya asam lambung pada seseorang. Apa saja makanan penyembuh tersebut? Berikut rinciannya :

Jahe

Bahan yang umumnya digunakan sebagai bumbu dapur dan minuman untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga ternyata dipercaya banyak pihak sebagai bahan yang mampu mencegah asam lambung. Hal ini karena memang jahe mengandung kandungan anti radang yang nantinya bekerja mencegah terjadinya masalah pada lambung termasuk diantaranya adalah asam lambung.

Oatmeal dan Roti Gandum

Makanan yang mengandung serat yang tinggi adalah sarana mengatasi meningkatnya asam lambung. Selain itu tentu juga makanan tersebut harus bersifat mudha dicerna. Sebut saja diantaranya adalah Oatmeal dan roti gandum.

Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Daging dan juga ikan adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk pemenuhan protein dalam tubuh. Akan tetapi pastinya anda harus menghindari ikan dan daging yang kandungan lemaknya tinggi. Selain itu, perhatikan pula cara memasak daging dan ikan tersebut untuk mengatasi masalah asam lambung. Sebaik-baiknya cara adalah dengan dipanggang, dikukus atau direbus serta hindari memasak dengan cara digoreng.

Sayuran Hijau

Bayam, Brokoli, selada, asparagus, serta sayuran hijau lainnya mampu mengurangi rasa sakit yang muncul karena asam lambung. Ini terjadi karena sayuran hijau memiliki kandungan asam yang rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung yang tinggi.

Pisang

Pisang umumnya mengandung pH 5.6 yang berarti tingkat keasamannya sebenarnya netral dan pastinya amakn dikonsumsi bagi siapa saja yang mempunyai masalah asam lambung. Pisang juga nantinya memberikan efek tenang karena mengandung zat potasium yang mampu menetralkan tekanan darah tinggi.

Demikianlah 5 makanan yang mampu mengatasi asam lambung. Selain makanan di atas, pastikan anda juga menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur. Semoga sehat terus ya.