Corona saat ini telah menyerang Indonesia, setidaknya dari update yang dilakukan oleh pemerintah telah tercatat setidaknya 4 orang WNI yang positif Corona. Dimana keempat pasien tersebut mengalami gejala yang sama yakni demam hingga pilek.

Bagi masyarakat yang kebetulan bepergian dan bertemu dengan beberapa orang luar negeri, maka berikut adalah gejala-gejala awal yang mungkin akan dirasakan. Sebut saja misalnya adalah batuk kering, suhu tubuh tinggi, letih, sesak nafas, tubuh ngilu, dan juga pilek. Secara umumnya memang tubuh dalam kondisi yang tidak enak.

Kondisi tubuh tidak enak umumnya hanya dirasakan oleh beberapa pasien yang tidak mengalami gejala yang lebih spesifik. Hal ini dikarenakan infeksi yang dilakukan oleh virus Corona. Ciri-ciri awal Corona virus dan gejalanya kebanyakan terjadi pada 2-10 hari setelah kita melakukan kontak dengan virus.

Sementara itu, apa gejala yang dialami oleh pasien 1, 2, 3 dan 4 :

Kasus 1 & 2

Pada 14 Februari 2020, pasien 1 berhadir dalam acara yang digelar pada 14 Februari 2020. Setelahnya dirinya langsung merasakan demam hingga tak enak badan setelah dua hari. Ibunya pun merawat yang kemudian menjadi kasus kedua. 4 hari berselang kasus 2 mengalami gejala yang tidak berbeda.

pada 28 Februari 2020, keduanya pun dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso. Mereka diberi tahu bahwa WN Jepang yang telah berinteraksi pada 14 Februari 2020 tersebut adalah positif Corona.

2 Maret, Presiden Jokowi pun mengumumkan adanya kasus 1 dan 2 yang telah positif terkena Corona. Keduanya mengalami gejala seperti demam, sesak nafas dan batuk-batuk kecil.

Dirut RSPI Sulianto Saroso pun mengungkapkan kabar mengenai kemajuan pengobatan Corona dari kasus 1 dan 2 tersebut dimana disebutkan olehnya bahwa kondisi kedua kasus tersebut sudah berangsur-angsur membaik. Meski demikian, keduanya pun masih berada di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

Kasus 3 dan 4

Jumat. 6 Maret 2020, jumlah pasien pun menjadi 4 orang WNI yang suspect Corona. Pasien diberi nama Kasus 3 dan 4. Tambahan 2 orang WNI ini menurut KEMENKES mengalami gejala suhu badan meningkat yakni 37,6 dan 37,7 derajat celcius.

Selain itu, kedua pasien baik kasus 3 dan 4 pun sama-sama mengeluhkan adanya gejala seperti batuk-batuk dan juga pilek akan tetapi keduanya tidak mengalami sesak nafas. Oleh karenanya kondisi keduanya diharapkan agar cepat bisa membaik.