Stroke adalah penyakit dengan predikat silent killer atau yang dalam Bahasa Indonesia memiliki makna membunuh secara diam-diam. Untuk memulihkan kondisi pasca stroke terbilang cukup sulit untuk mengembalikannya ke kondisi normal. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk melakukan pencegahan sebelum pengobatan. Untuk pengobatan stroke sendiri ada banyak metode terapi yang bisa dipilih oleh pasien dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien stroke tersebut.

Mencegah Stroke RinganMisalnya saja untuk pengobatan tersebut adalah dengan cara terapi medis yaitu dengan terapi bicara, terapi gerakan, hingga terapi psikologis. Sedangkan untuk terapi alternatif juga dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan terapi medis seperti menggunakan obat herbal, aromaterapi, olahraga yang membuat rileks seperti yoga, dan juga pijat hingga akupuntur.

Berbagai pengobatan tersebut akan dapat digunakan untuk membuat kondisi pasien stroke menjadi lebih baik. Akan tetapi seperti yang telah disebutkan akan lebih baik untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena stroke. Hal tersebut dapat dilakukan dengan segera melakukan tindak pencegahan apabila Anda sudah menunjukkan gejala stroke ringan.

Apabila sudah muncul gejala seperti perubahan pada indra yang dipunyai, perubahan kewaspadaan, perubahan mental yang membuat sering kebingungan, mengalami masalah otot, mengalami pusing, kurang kontrol, mati rasa, hingga mengalami masalah saraf pada satu sisi, maka akan lebih baik untuk melakukan cara pencegahan stroke ringan agar tidak menjadi lebih parah yang berpotensi terkena stroke berat. Adapun berikut beberapa terapi stroke ringan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Melakukan perubahan gaya hidup

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dapat untuk merubah gaya hidup yang merupakan cara yang paling efektif. Pola hidup merupakan faktor yang dapat membuat gejala stroke ringan yang dialami, oleh karena itulah bagi yang ingin mencegah terjadinya stroke juga dapat dengan melakukan pola gaya hidup sehat. Cara yang bisa dilakukan untuk dapat mencegah stroke ringan sendiri dapat untuk memilih mengkonsumsi makanan lebih sehat, rutin untuk berolahraga, dan juga dapat meniadakan kebiasaan buruk seperti merokok.

  • Mengkonsumsi obat-obatan

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya stroke dan menghilangkan gejala stroke ringan agar tidak lebih parah adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Anda bisa untuk menggunakan obat yang mempunyai manfaat untuk mengurangi resiko terkena stroke. Pilihlah obat-obatan yang aman dan juga pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu seperti dengan memilih obat pengencer darah, obat statin, dan juga ada obat antikaogulan yang dapat untuk mempunyai manfaat untuk mengurangi pembekuan darah.

  • Menyingkirkan infeksi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan agar dapat mengurangi resiko terkena stroke dan membuat gejala stroke ringan hilang adalah dengan menyingkirkan infeksi. Hal ini merupakan salah satu cara dari penelitian yang dilakukan oleh American Stroke Association menggunakan peralatan khusus di rumah sakit. Dimana salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyingkirkan vasculitis atau peradangan pada pembuluh darah. Selain itu juga dapat dengan menyingkirkan diseksi arteri karotis maupun jenis infeksi lainnya.

  • Menjalani operasi

Dan tips terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani operasi untuk mengatasi stroke ringan. Hal ini dapat dilakukan bagi mereka yang mengalami penyumbatan arteri leher dimana prosedurnya adalah menjalani endarterektomi.

Bagi Anda yang mengalami gejala stroke ringan bisa untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter. Setelah pemeriksaan baru akan mendapatkan kejelasan apakah perlu untuk melakukan operasi jenis ini atau tidak sehingga dapat mencegah terjadinya stroke yang lebih parah.